DECEMBER 9, 2022
Jakarta

Nah Ini Dia, Ratusan Pemilih Berstatus Orang dengan Gangguan Jiwa di Panti Sosial Cipayung Jakarta Ikut Mencoblos

image
Salah seorang warga binaan Panti Sosial Bima Laras Harapan Sentosa 2 tengah menggunakan hak pilihnya di TPS 91, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu 14 Februari 2024. (ANTARA/HO-KPU DKI)

ORABITINDONESIA.COM - Sebanyak 445 pemilih yang berstatus orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) warga binaan Panti Sosial Bima Laras Harapan Sentosa 2, Cipayung, Jakarta Timur, memberikan suara mereka di Pemilu 2024, Rabu 14 Februari 2024 pagi.

Ada empat tempat pemungutan suara (TPS) yang disiapkan di lingkungan panti sosial itu, yakni TPS 72, TPS 73, TPS 91 dan TPS 92.

Sebelum mencoblos, warga binaan yang menggunakan seragam berwarna merah marun diberikan bimbingan secara khusus dan didampingi bagaimana tata cara untuk mencoblos.

Baca Juga: Ikuti Analisis LSI Denny JA tentang Hasil Pilpres 2024 Hari Ini Pukul 15.00 WIB di Zoom Meeting

"Untuk tahun 2024 ini sebanyak 445 jiwa masuk ke dalam daftar pemilih tetap (DPT) yang terbagi di empat TPS yang ada di dalam lingkungan panti," kata Kepala Panti Bina Laras Harapan Sentosa 2, Syahrul di sela-sela pencoblosan.

Menurutnya, empat TPS yang telah disediakan itu hanya diperuntukkan bagi warga binaan saja, bukan untuk masyarakat umum.

Sosialisasi dan simulasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jaktim dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Timur telah dilakukan sebanyak empat kali.

Baca Juga: Denny JA Sebar Pesan: Dua Burung Melintas di Langit, Satu Putaran Saja

Antusias warga binaan sendiri, katanya, cukup senang karena bisa menggunakan hak pilihnya di Pemilu.

Sebelumnya pada Selasa 13 Februari 2024, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta Dody Wijaya menerangkan ada tiga tempat pemungutan suara (TPS) khusus untuk pemilih dengan status ODGJ yang dirawat di wilayah Provinsi DKI Jakarta yang keseluruhannya terpusat di panti sosial.

TPS khusus yang pertama berlokasi di Panti Bina Laras Harapan Sentosa 1, Cengkareng, Jakarta Barat. Adapun TPS khusus yang kedua berlokasi di Panti Bina Laras Harapan Sentosa 2, Cipayung Jakarta Timur. Sementara TPS khusus yang terakhir berada di Panti Bina Laras Harapan Sentosa 3, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Baca Juga: Narasi Satu Putaran Saja Oleh Denny JA Untuk Kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 Mendekati Kenyataan

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait