DECEMBER 9, 2022
Buku

Arti Penting Buku Rudi Wijaya dkk tentang Rekognisi Hukum Adat dan Masyarakat Hukum Adat

image
Ilustasi masyarakat adat dan hukum adat (Forto: Pascasarjana UMSU)

ORBITINDONESIA.COM - Apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana negara mengakui dan melindungi hak-hak masyarakat hukum adat di Indonesia?

Dalam buku Rekognisi Hukum Adat dan Masyarakat Hukum Adat, Rudi Wijaya dkk membuka cakrawala kita tentang perjuangan dan upaya pengakuan masyarakat hukum adat oleh negara.

Buku ini menawarkan analisis mendalam mengenai interaksi antara masyarakat adat dengan ketiga cabang kekuasaan negara: eksekutif, legislatif, dan yudikatif, serta urgensi pengesahan undang-undang khusus yang mendukung eksistensi mereka.

Baca Juga: Serena Cosgrova Francis asal Kupang NTT Luncurkan Buku Prabowo Pemimpin di Atas Garis

Anda dapat memahami dinamika dan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat hukum adat dalam mempertahankan tradisi dan hukum mereka di tengah modernisasi dan perubahan sosial.

Buku ini tidak hanya menyajikan teori dan regulasi, tetapi juga cerita nyata dari kehidupan masyarakat hukum adat yang masih bertahan.

Rudi Wijaya dkk memberikan gambaran nyata tentang apa yang telah dan masih perlu dilakukan untuk melindungi mereka.

Baca Juga: Mengapresiasi Buku Konflik dan Perdamaian Etnis di Indonesia Karya Samsu Rizal Panggabean

Dengan analisis kritis dan saran konstruktif dari para penulis yang ahli di bidangnya, buku Rekognisi Hukum Adat dan Masyarakat Hukum Adat menjadi referensi penting.

Buku ini menyoroti pentingnya pengakuan terhadap masyarakat hukum adat.

Buku ini juga merupakan bacaan wajib bagi siapa saja yang berkecimpung di bidang hukum, antropologi, atau siapapun yang tertarik dengan keberlangsungan budaya dan tradisi Indonesia.

Baca Juga: Mengungkap Buku Samurai, Jalan Kehormatan Sang Pejuang Terakhir

Dengan membaca buku terbitan Sanampan Book ini, kita bisa menjadi bagian dari mereka yang mengerti dan mendukung keberlangsungan hidup masyarakat adat. ***

Sumber: Facebbok@SanampanBook

Berita Terkait