DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Menteri Sandiaga Uno Targetkan Membentuk 6.000 Desa Wisata Sepanjang 2024

image
Sandiaga Uno (kiri) di Sentul. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan membentuk 6.000 desa wisata sepanjang 2024 untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Sandiaga usai mengisi kuliah umum Blue Ocean Strategy Fellowship (BOSF) di Sentul Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu, menjelaskan, dari 80 ribu lebih desa, ada sekitar 7.500 desa yang memiliki potensi wisata.

"Desa yang memiliki potensi wisata itu sekitar 7.500 dan 80 persen itu sekitar 6.000 desa harus kita jangkau," ujarnya.

Baca Juga: Luncurkan Apresiasi Kreasi Indonesia 2024 di 12 Kota dan Kabupaten, Sandiaga Uno: Dimulai dari Kota Bekasi

Ia menerangkan 6.000 desa wisata tersebut nantinya dapat berkontribusi sekitar 4,5 persen terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) secara nasional.

Sandiaga menambahkan, ketika 6.000 desa wisata tersebut terwujud, ada penambahan sekitar 4,4 juta lapangan kerja di sektor ekonomi kreatif.

"Karena di desa itu lah generasi muda kita bisa menciptakan inovasi-inovasi, termasuk produk-produk kreatif yang akan menambah peluang desa wisata tersebut untuk meningkatkan kemampuan," kata Sandiaga.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Peran Perempuan dan Kesetaraan Gender Jadi Perhatian Dalam Konferensi PBB Tentang Pariwisata 

Pengembangan wisata sektor ini dilakukan karena ada tren positif kunjungan ke desa wisata di Indonesia sebesar 30 persen setelah pandemi COVID-19.

Sandiaga menyebutkan, sudah ada dua desa wisata di yang dinilai terbaik di tingkat dunia, yakni Desa Wisata Nglanggeran di Yogyakarta dan Desa Wisata Panglipuran di Bali.

"Jadi capaian-capaian seperti inilah yang kita dorong ke depan," ujarnya. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait