DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Menteri Sandiaga Uno Jajaki Kerja sama Sektor Wisata dengan Perusahaan India

image
Sandiaga Uno (kiri) bertemu Chief Executive at General Atomics Global Corporation Dr. Vivek Lall (kanan) di New Delhi, India. (ANTARA HO-Kemenparekraf)

ORBITINDONESIA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menjajaki kerja sama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan perusahaan energi dan pertahanan India.

Usai bertemu Chief Executive at General Atomics Global Corporation Vivek Lall di New Delhi, India, Sandiaga Uno mengatakan, perusahaan yang bergerak di bidang energi dan pertahanan itu diharapkan tertarik untuk menjajaki peluang investasi pariwisata hijau di Indonesia.

“Mungkin nanti dapat menggabungkan solusi energi terbarukan untuk menerapkan kebijakan pariwisata ramah lingkungan,” kata Sandiaga Uno dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis 22 Februari 2024.

Baca Juga: Menteri Sandiaga Uno Targetkan Membentuk 6.000 Desa Wisata Sepanjang 2024

Menurutnya, potensi kerja sama lainnya yang dibahas dalam pertemuan tersebut meliputi promosi, berbagi ilmu, sampai implementasi pembangunan infrastruktur pariwisata.

Ia berharap, upaya untuk menarik lebih banyak investor pariwisata ke Indonesia akan mendongkrak performa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air, sehingga terwujud kebangkitan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya.

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif fokus mengembangkan destinasi wisata berbasis pariwisata hijau pada tahun 2024.

Baca Juga: Gandeng Puluhan Mitra Co Branding Wonderful Indonesia, Sandiaga Uno Luncurkan Program Belanja Ekstra Murah

Sandiaga mengatakan, wisata berbasis lingkungan ini nantinya menciptakan peluang kerja serta memberikan dampak sosial bagi masyarakat di setiap daerah.

Dia mengatakan, Indonesia telah dihadapkan kepada situasi triple planetary crisis (ancaman perubahan iklim, peningkatan polusi dan kehilangan keanekaragaman hayati).

Oleh karena itu, ia terus mendorong kepada kabupaten/kota untuk mengembangkan pariwisata hijau dengan tata ruang yang baik yang menjaga keberlanjutan lingkungan. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait