DECEMBER 9, 2022
Militer

Iran Pamerkan Senjata Angkatan Laut, Rudal dan UAV Bernama Gaza di Pameran Pertahanan Qatar

image
UAV buatan Iran yang dinamai Gaza (Foto: The Times of Israel)

ORBITINDONESIA.COM - Iran tampil di pameran pertahanan Timur Tengah dengan stan ekstensif di Qatar, memamerkan serangkaian senjata, senjata angkatan laut berukuran penuh, dan model wahana udara tak berawak, termasuk yang diberi nama Gaza.

Iran meluncurkan Gaza pada 2021, namun model saat ini memulai debutnya di Pameran dan Konferensi Pertahanan Maritim Internasional Doha, yang dikenal sebagai DIMDEX 2024, yang dilengkapi dengan bom pintar tiruan.

Perwakilan di stan Iran mengatakan bahwa Gaza adalah UAV dengan ketinggian menengah, daya tahan rendah (MALE), memiliki kemampuan muatan 500 kilogram dan konon sudah beroperasi.

Baca Juga: Iran: Penghentian Pendanaan UNRWA Adalah Dukungan Terhadap Genosida Oleh Israel di Gaza

Menurut pejabat di stand tersebut, drone tersebut memiliki kemampuan komunikasi satelit dan memiliki ketinggian penerbangan maksimum 35.000 kaki.

Radar aperture sintetis di udara yang dimaksudkan untuk mendeteksi target permukaan dan bawah air juga dapat dipasang di platform ini.

Meskipun nama drone tersebut pasti akan menimbulkan keheranan di tengah konflik Israel dengan Hamas yang didukung Iran di Gaza, Iran juga bertujuan untuk menunjukkan kehebatan senjatanya dengan senapan mesin angkatan laut 20mm dan sistem artileri empat barel 12,7mm.

Baca Juga: Untuk Redakan Ketegangan Hubungan, Iran dan Pakistan Kembali Saling Kirim Duta Besar

Semua sistem yang ada di stand tersebut dikembangkan dan diproduksi oleh Iran dan, kata seorang pejabat, terbuka untuk diekspor ke negara mana pun “kecuali Israel dan AS.”

Teheran juga menunjukkan sistem pertahanan udara jarak menengah Sevvom Khordad, yang konon menembak jatuh MQ-4C Triton Amerika pada 2019 – hanya beberapa meter dari kontraktor pertahanan Amerika Northrop Grumman, yang membuat UAV menggunakan basis Triton. 

Tidak ada kapal angkatan laut sebenarnya yang dipamerkan, tetapi model kapal dengan ukuran berbeda ditampilkan, termasuk kapal pencegat cepat CM-90, kapal selam Midget, dan kapal fregat sepanjang 94 meter yang menunjukkan dermaga helikopter.

Baca Juga: Piala Asia 2023: Iran Maju ke Semifinal Usai Singkirkan Jepang

Perwakilan di stand tersebut tidak mengungkapkan rincian tentang proyek atau kemampuan masa depan dan menolak menjawab pertanyaan Breaking Defense tentang kemampuan otonom kapal tersebut.

Di samping brosur tentang berbagai senjata Iran dalam berbagai bahasa termasuk Arab dan Rusia, Kementerian Pertahanan meluncurkan rudal anti-kapal CM-35A, serta versi udara dengan jangkauan maksimum 35 kilometer.

Seorang perwakilan di stan lain mengatakan bahwa untuk pertama kalinya, Iran mengiklankan sejumlah rudal balistik dalam brosur, termasuk AD-200, BM-250, BM-125 dan BM-300.

Baca Juga: Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Naser Kanani: Iran Apresiasi Kesuksesan Pemilu Indonesia 2024

Di tempat lain, Teheran memamerkan sistem peringatan dini berbasis darat yang dijuluki SL-ASR3 yang terhubung ke sistem komando dan kontrol C4I, yang menurut salah satu perwakilan telah mendapat cukup banyak perhatian pada pameran tersebut.

Senapan, termasuk Kalashnikov AK-47 buatan Iran dan senapan mesin juga ambil bagian dalam aksi Iran.

Secara keseluruhan, perwakilan mengatakan delapan entitas Iran yang berafiliasi dengan kementerian pertahanan memamerkan sistem mereka di Doha. ***

Sumber: Breaking Defense

Berita Terkait