DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Pemain Sepak Bola Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Ambil Sumpah WNI di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta

image
Thom Haye (kanan) dan Ragnar Oratmangoen (kiri) menjalani sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta, Senin malam 18 Maret 2024. (ANTARA/YouTube Humas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta)

ORBITINDONESIA.COM - Dua calon pemain tim nasional (Timnas) sepak bola Indonesia, yang bermain di Liga Belanda, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah mengambil sumpah di Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Senin 18 Maret 2024 malam.

Dengan demikian, Thom dan Ragnar yang sumpah WNI-nya sempat tertunda sepekan karena ada dokumen yang belum ditanda tangani oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), sebentar lagi akan memperkuat Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F.

Sekarang ini, Thom bermain untuk klub di Belanda SC Heerenveen, sedangkan Ragnar untuk klub Fortuna Sittard.

Baca Juga: Dua Calon Pemain Naturalisasi, Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye Gagal Bantu Timnya Menang

Mereka berkesempatan mencatatkan debutnya bersama Timnas Indonesia dalam pertandingan melawan Vietnam  26 Maret di Stadion My Dinh, Hanoi apabila persyaratan yang butuhkan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Paspor, dan perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI, bisa diperoleh secepatnya.

Di kualifikasi Piala Dunia 2026, INdonesia sedang membutuhkan kemenangan setelah hanya memperoleh satu poin dari dua pertandingan sebelumnya ketika dua kali menjalani partai tandang melawan Irak (skor 1-5) dan Filipina (1-1), November 2023.

"Saya mengucapkan terima kasih pada Kanwil Kumham di DKI Jakarta kemudian juga Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) DKI Jakarta," kata salah satu anggota Executive Committee Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Arya Sinuligga di Jakarta, Senin malam.

Baca Juga: Dito Ariotedjo: Naturalisasi Thom Jan Haye dan Ragnar Oratmangoen Tunggu Tanda Tangan Ketua DPR

Arya juga berharap mereka bisa segera memperoleh KTP dan paspor Indonesia.

Thom terbang dari Belanda dan tiba di Indonesia sekitar pukul 22.00 WIB atau sekitar dua jam sebelum sumpah WNI dimulai, sedangkan Ragnar tiba di Indonesia pada sore hari. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait