DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Hutan Durian Terluas se Asia di Trenggalek Raih Anugerah Desa Wisata Terbaik di Indonesia 2023

image
Pengunjung berinteraksi dengan petani di hutan Durian terluas se Asia yang ada di Desa Durensari, Trenggalek. Jawa Timur.

ORBITINDONESIA.COMTrenggalek adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur, Indonesia yang terkenal memiliki hutan Durian terluas se Asia.

Dan baru-baru ini, hutan Durian terluas se Asia di Trenggalek tersebut meraih Anugerah Desa Wisata Terbaik di Indoneisa 2023.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Indonesia diberkahi dengan keindahan alam yang luar biasa, dan salah satunya adalah keberadaan hutan Durian terluas se Asia yang berada di Trenggalek, Jawa Timur.

Baca Juga: Belajar Kelola Desa Wisata dari Jawa Tengah, Genius Umar Boyong Lurah dan Kepala Desa di Pariaman Temui Ganjar

Keunikan dan pesona alam ini telah menjadikan hutan Durian itu menjadi salah satu tujuan wisata terkenal di negara ini.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Hutan Durian Trenggalek merupakan destinasi wisata yang unik dan menakjubkan di Jawa Timur. Luasnya mencapai ribuan hektar, menjadikannya hutan durian terluas di Asia.

Durian, buah yang dikenal dengan aroma kuat dan rasa yang khas, tumbuh subur di hutan ini. Keberadaan durian yang bermacam-macam jenis menjadi daya tarik utama.

Baca Juga: Desa Wisata Coal di Labuan Bajo NTT Masuk 300 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Tidak hanya durian, tetapi hutan ini juga menyuguhkan keanekaragaman flora dan fauna yang kaya. Wisatawan dapat menemukan berbagai spesies tumbuhan dan hewan yang endemik di sini.

Keindahan alam hutan ini terjaga dengan baik, dan pemerintah setempat telah berupaya menjadikan Hutan Durian Trenggalek sebagai destinasi ekowisata yang berkelanjutan.

Pada tahun 2023, prestasi gemilang Hutan Durian Trenggalek diakui oleh penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia.

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Baca Juga: Potensi Desa Wisata Kedung Gede Jagakarsa Digarap Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Selatan

Penghargaan tersebut menyoroti upaya keras masyarakat dan pemerintah setempat dalam melestarikan alam, mempromosikan budaya lokal, dan mengembangkan wisata berkelanjutan.

Hutan Durian Trenggalek bukan hanya menjadi tempat untuk menikmati alam, tetapi juga untuk memahami dan menghargai budaya lokal.

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

Pengunjung dapat berinteraksi dengan masyarakat setempat dan belajar tentang cara hidup mereka.

Baca Juga: Sandiaga Uno Fasilitasi Akses Pembiayaan Desa Wisata di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan

Para petani durian di Trenggalek juga turut merasakan manfaat dari pariwisata ini, dengan peningkatan pendapatan dan peluang usaha yang lebih baik.

Baca Juga: Dugaan Operasi Tangkap Tangan Gubernur Abdul Gani Kasuba, KPK Gelandang 3 Pejabat Maluku Utara ke Jakarta

Kesuksesan Hutan Durian Trenggalek dalam menjalankan prinsip ekowisata juga mencerminkan komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan.

Upaya pelestarian alam termasuk dalam upaya memerangi perubahan iklim, dan Hutan Durian Trenggalek berperan sebagai contoh nyata dalam upaya tersebut.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Alam Sembungan Wonosobo, Desa Wisata Tertinggi di Jawa Tengah, Dijamin Betah

Baca Juga: BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Turun di Beberapa Kota

Penghargaan Desa Wisata Indonesia adalah pengakuan atas peran penting yang dimainkan oleh Hutan Durian Trenggalek dalam mempromosikan pariwisata berkelanjutan di Indonesia.

Prestasi ini juga diharapkan akan meningkatkan kunjungan wisatawan, yang pada gilirannya akan memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal.

Selama beberapa tahun terakhir, Hutan Durian Trenggalek telah menjadi destinasi favorit bagi pecinta alam dan kuliner, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Baca Juga: Peringati Hari Bela Negara, Ibnu Chuldun: Bersatu dan Berkontribusi untuk Indonesia Maju

Baca Juga: Sandiaga Uno: Desa Wisata Bakal Memperoleh Tambahan Anggaran

Pengalaman unik memetik durian langsung dari pohonnya telah menjadi daya tarik utama, dan musim panen durian selalu menjadi waktu yang dinanti-nanti.

Seiring dengan penghargaan ini, diharapkan lebih banyak orang akan mengenal keindahan alam dan budaya Trenggalek, serta berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan wisata.

Baca Juga: Permohonan Layanan Melonjak, Sandi Andaryadi: Imigrasi DKI Jakarta Harus Bekerja Prima

Pemerintah setempat bersama dengan masyarakat Hutan Durian Trenggalek berencana untuk terus mengembangkan infrastruktur dan layanan agar pengalaman wisatawan semakin baik.

Baca Juga: Libur Akhir Tahun, Yuk Kunjungi Destinasi Desa Wisata Lembah Asri Serang Purbalingga Jawa Tengah yang Dingin

Dengan kekayaan alamnya yang tak tertandingi dan semangat pelestariannya yang kuat, Hutan Durian Trenggalek memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia.

Baca Juga: Denny JA: Puisi Esai Waktunya Masuk Kampus dan Sekolah

Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 adalah tonggak bersejarah dalam perjalanan Hutan Durian Trenggalek sebagai destinasi wisata unggulan.

Semua pencapaian ini tidak hanya menjadi prestasi bagi Trenggalek, tetapi juga memotivasi daerah-daerah lain untuk memprioritaskan keberlanjutan dalam pengembangan pariwisata.

Baca Juga: Dampak Desa Wisata Bilebante: Dulu Banyak yang Jadi TKI, Kini Berkurang Drastis

Baca Juga: Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun Resmikan Laboratorium Peradilan Pidana Universitas Yarsi

Hutan Durian terluas se Asia di Trenggalek adalah contoh nyata bahwa pariwisata dan pelestarian alam dapat bersatu, memberikan manfaat bagi masyarakat setempat, dan menginspirasi orang-orang untuk menjaga kekayaan alam Indonesia.***

*Dwi Fatmawati, Mahasiswa PPL IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Berita Terkait