DECEMBER 9, 2022
Humaniora

PT Pegadaian Beri Pelatihan Berbisnis Kepada Pekerja Migran di Hongkong

image
Kepala Departemen Tanngung Jawab Ssial dan Lingkungan Pegadaian Afifah memberikan cinderamata kepada perwakilan pekerja migran Indonesia di Hongkong. (OrbitIndonesia/kiriiman PT Pegadaian)

ORBITINDONESIA.COM - PT Pegadaian membekali pekerja migran Indonesia keterampilan kewirausahaan, Minggu 18 Februari 2024 di Indonesia Incorporated Hongkong.

Kegiatan ini bertujuan untuk mencetak pengusaha baru dari pekerja migran Indonesia di Hongkong.

Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) melaporkan, total pekerja migran Indonesia tahun 2023 adalah 274.965 orang dan Kementerian Ketenagakerjaan RI melaporkan sebanyak 33.625 orang bekerja di Hongkong.

Baca Juga: PT Pegadaian Fasilitasi Pedagang Mi Bakso Raih Sertifikat Halal

Kepala Divisi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PT Pegadaian, Rully Yusuf, menyampaikan, keterbatasan ilmu dan mentor bisnis menjadi salah satu kendala yang dihadapi oleh pekrja migran sehingga mereka seringkali mengalami kendala sewaktu memulai usaha.

Pelatihan yang diberikan oleh PT Pegadaian bertajuk "Belajar Bisnis Bareng Juragan" ini adalah upaya untuk mendukung pekerja apabila kembali ke Indonesia bisa tetap memiliki pekerjaan dan penghasilan.

Kegiatan ini dimentori oleh Founder Yuk Bisnis Akademi, Jaya Setia Budi dan secara antusias diikuti oleh sebanyak 117 pekerja yang berdomisili di Hongkong.

Baca Juga: Pegadaian Cetak Laba Rp4,38 Triliun Sepanjang 2023

Selain melatih kewirausahaan, PT Pegadaian juga membekali pekerja migran tentang investasi.

Rully berharap pekerja migran bisa terpacu untuk berinvestasi dan menabung, sehingga ketika kembali ke kampung halaman kelak, mereka memiliki bekal yang cukup untuk memulai usaha.***

Berita Terkait