DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

PT Pegadaian Fasilitasi Pedagang Mi Bakso Raih Sertifikat Halal

image
Salah satu bimbingan teknologi dalam sertifikasi halal untuk pelaku usaha kecil yang digelar Pegadaian selama periode Desember 2023 - Januari 2024. (OrbitIndonesia/kiriman PT Pegadaian)

ORBITINDONESIA.COM - PT Pegadaian memfasilitasi pedagang mi bakso yang tergabung dalam Asosiasi Pedagang Mie Bakso (APMISO) Yogyakarta memperoleh sertifikat halal.

Dalam penyertifikasian tersebut, PT Pegadaian menggandeng Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) dan Pondok Pesantren Mahasiswa Al Ashfa Yogyakarta.

Menurut Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan PT Pegadaian, Eka Pebriansyah di Kantor Pusat Pegadaian Jakarta, Senin 5 Februari 2024, sertifikat halal ini penting dalam meningkatkan kepercayaan konsumen serta membuka peluang pasar yang lebih luas lagi.

Baca Juga: Maybank Gandeng PT Pegadaian Luncurkan Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App

Di tahun 2023, PT Pegadaian turut membantu APMISO dalam menyediakan mesin penggiling daging dan mesin pembuatan bakso untuk meningkatkan kualitas sanitasi.

Mesin tersebut sudah beroperasi di Semarang, Yogyakarta, Bantul, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, sampai Tangerang Selatan.

Di Tempat terpisah, Dewan Pakar APMISO Nusantara, Guntur Subagja Mahardika mengakui bahwa pedagang mi bakso sulit memperoleh sertifikat halal mengingat mereka masih menggiling bahan mentahnya di pasar yang kualitas kurang terjamin.

Baca Juga: PT Pegadaian Beri Penghargaan Kepada 50 Agen Bereprestasi

“Hal ini pula yang membuat bakso memperoleh sertifikat halal,” ungkap Guntur. ***

Berita Terkait