DECEMBER 9, 2022
Jakarta

Andhika Permata: Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Gandeng Pemangku Kepentingan Kemas Paket Wisata

image
Monumen Nasional (Monas). (Antara)

ORBITINDONESIA.COM - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta bersama pemangku kepentingan mengemas paket wisata untuk menarik wisatawan.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata di Jakarta Kamis 14 Maret 2024, paket wisata yang dikemas itu berupa leisure tourism, business, MICE, student, dan minat khusus.

Menurut Andhika Permata, Jakarta memiliki banyak destinasi wisata menarik mulai dari wisata belanja, wisata sejarah, wisata alam, sampai kuliner yang bisa ditawarkan kepada kepada wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

Baca Juga: Libatkan Konten Kreator Dunia, Dinas Pariwisata DKI dan Kementerian Luar Negeri Kolaborasi Promosikan Jakarta

"Ini juga ditunjang transportasi yang terintegrasi antarmoda dan memudahkan wisatawan untuk menjelajahi Jakarta,” katanya.

Ia mengatakan, Jakarta memiliki beragam destinasi wisata menarik seperti Monumen Nasional (Monas), Kota Tua, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), tempat berbelanja sepanjang jalan Sudirman dan MH Thamrin, sampai  wisata bahari di Kepulauan Seribu.

“Sebagai kota global, Jakarta akan terus menyiapkan infrastruktur terbaik untuk mengakomodir kebutuhan wisatawan.”

Baca Juga: Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Turunkan 27 Pasang Abang None untuk Sambut Delegasi KTT ASEAN

Selain menjadi titik temu budaya dari segala penjuru negeri, katanya, Jakarta juga menjadi tempat berkumpulnya berbagai unsur modern dan tradisional.

“Kita akan terus berupaya untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang nyaman untuk semua," tambahnya.

Ketua DPD Indonesia Inbound Tour Operator Association (IINTOA) DKI Jakarta Hanien Chang mengatakan, sejak awal Jakarta bukan hanya kota bisnis tetapi juga kota pariwisata.

Baca Juga: Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Bikin Program Pemasaran untuk Dongkrak Wisatawan

Ia berharap bisa mengembalikan kejayaan promosi pariwisata Jakarta seperti era tahun 80-an yaitu pasar wisata.

"Pada hari ulang tahun Kota Jakarta nanti, kami akan merencanakan agenda pemasaran pariwisata.”

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Iwan mengatakan, hotel maupun restoran di Jakarta akan terus membua terobosan layanan prima kepada tamu dan pengunjung.

Baca Juga: Dinas Pariwisata DKI Berkomitmen Tingkatkan Layanan Sektor Wisata Untuk Capa Target Kunjungan 36 Juta Wisatawan

"Kita bersama pelaku wisata berkolaborasi dengan pemerintah mendorong segera terwujudnya Jakarta sebagai kota global melalui berbagai layanan terbaik,” tambah Iwan.

Ketua Umum DPP Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) sekaligus Sekjen Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) dan President Federation of ASEAN Travel Association (FATA) Pauline Suharno mengatakan, Jakarta sudah mengembangkan berbagai wisata tematik seperti wisata walking tour Jakarta dengan baik.

Menurutnya, Jakarta tumbuh dengan berbagai perkembangannya yang baik.

Baca Juga: Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Selatan Gelar Bimbingan Teknis: Ada Pendaftaran HKI

“Dari berbagai kota di belahan dunia yang pernah saya kunjungi, menurut saya Jakarta is developing.”

“Hal itu juga diungkapkan rekan-rekan bisnis saya dari berbagai mancanegara. Mereka takjub melihat perkembangan kota ini. Mulai dari transportasi umum MRT, LRT, Whoosh, pusat perbelanjaan, dan beragam kuliner menarik lainnya," katanya. ***

 

Berita Terkait