DECEMBER 9, 2022
Buku

Chelsea Ennen: Tips dan Saran Bagaimana Memulai Karir Penulisan Lepas Anda

image
Ilustrasi penulis dan penulisan lepas atau freelance writing (Foto: Kirkus Review)

ORBITINDONESIA.COM - Penulisan lepas (freelance writing) adalah tujuan karier yang populer dan untuk alasan yang baik—ini adalah pekerjaan yang sepenuhnya dilakukan secara jarak jauh sejak sebelum pandemi Covid-19. Jadi Anda dapat yakin bahwa tidak ada seorang pun yang akan mencoba dan mendorong Anda kembali ke kantor.

Freelancing secara umum juga memungkinkan Anda menjadi bos bagi diri sendiri dan mengatur waktu Anda sendiri, ditambah lagi Anda dapat memutuskan sendiri kapan harus mengenakan biaya lebih untuk layanan Anda.

Namun jika Anda terbiasa dengan pekerjaan tradisional pukul 9,00– 17.00, gagasan untuk beralih ke model pendapatan kontraktor independen mungkin tampak menakutkan.

Baca Juga: Ucapan Penulis Ternama Umberto Eko tentang Buku dan Perpustakaan Pribadi

Dan jika Anda belum berpengalaman dalam dunia penulisan konten dan pemasaran, mungkin membingungkan untuk mengetahui jenis layanan apa yang dapat ditawarkan oleh penulis lepas.

Untungnya, cara terbaik untuk beralih ke karier menulis lepas juga merupakan cara termudah: lakukan secara perlahan, pertahankan tujuan spesifik yang Anda rasa percaya diri untuk dikejar.

Persempit Tujuan Anda

Baca Juga: Perkumpulan Penulis Satupena Akan Diskusikan Malari 1974 dan Arah Demokrasi Indonesia Saat Ini

Langkah pertama adalah memperjelas tujuan Anda. Anda sudah tahu ingin menjadi penulis lepas, tapi tulisan seperti apa yang ingin Anda lakukan?

Apakah Anda membayangkan diri Anda mengelola akun media sosial, menulis salinan untuk postingan Instagram, atau membuat skrip untuk konten video? Bagaimana dengan menulis email pemasaran bisnis-ke-konsumen, deskripsi produk, salinan halaman arahan, atau bahkan penulisan untuk orang lain?

Jika Anda sudah mempunyai gambaran tentang jenis tulisan apa yang ingin Anda buat—mungkin karena Anda sudah melakukannya sebagai karyawan tetap—maka Anda sudah memiliki peta jalannya.

Baca Juga: In Memoriam Abdul Hadi WM: Penulis Besar Selalu Hidup Melalui Karyanya

Jika Anda tidak yakin jenis tulisan apa yang ingin Anda buat, mulailah dengan berpikir secara lebih langsung. Konten berdurasi panjang atau pendek? Salinan yang berhubungan dengan pelanggan atau bisnis-ke-bisnis?

Apakah Anda ingin menulis untuk sebuah merek, atau Anda lebih suka menulis untuk seseorang? Apakah Anda ingin menulis di bawah byline Anda sendiri dalam karya yang disponsori alih-alih karya kreatif atau jurnalistik?

Tidak apa-apa jika Anda tidak yakin dengan apa yang ingin Anda lakukan. Pilih saja sesuatu yang masuk akal bagi Anda dan mulai dari sana. Akan selalu lebih mudah untuk melakukan pivot setelah Anda memiliki pijakan di dunia freelancing.

Baca Juga: Perkumpulan Penulis Satupena Akan Diskusikan tentang Abdul Hadi WM dan Sastra Sufistik

Kerjakan Jaringan Anda

Fakta bahwa Anda ingin melakukan perubahan karier tidak berarti Anda harus memulai dari awal sepenuhnya. Jika Anda berasal dari posisi seseorang yang telah melakukan penulisan internal dan sekarang ingin menjadi pekerja lepas, resume Anda relevan dalam hal yang cukup jelas.

Namun hampir semua pekerjaan, di industri mana pun tempat Anda bekerja, akan membutuhkan penulis untuk sesuatu. Meskipun itu adalah salinan situs web yang sangat mendasar, yang memberi tahu orang-orang tentang perusahaan itu—itu adalah sesuatu yang ditulis seseorang.

Baca Juga: Perkumpulan Penulis Satupena Akan Diskusikan Pikiran Bung Karno dan Kontekstualisasinya Bagi Indonesia Terkini

Dengan asumsi itu bukan Anda, temukan siapa pun yang menulis pekerjaan untuk pekerjaan Anda sebelumnya. Apakah mereka sendiri adalah pekerja lepas? Apakah mereka bekerja untuk sebuah agensi?

Klik di LinkedIn dan lihat bagaimana mereka membangun karier mereka; Anda bisa belajar banyak hanya dengan melihat riwayat pekerjaan seseorang.

Jika menurut Anda salah satu pekerjaan mereka sebelumnya mungkin merupakan awal yang baik untuk Anda—mungkin mereka pernah menulis untuk agen freelance besar—Anda dapat menghubungi mereka untuk berbicara dengan mereka tentang pengalaman mereka di sana dan bagaimana pendekatan untuk mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga: Perkumpulan Penulis Satupena Akan Diskusikan Memotret Kritik Politik Dalam Pameran Lukisan dan Karya Seni Visual

Menemukan seseorang yang menjadi penulis di perusahaan yang memiliki koneksi dengan Anda adalah kesempatan mudah untuk meminta nasihat. Ingatlah selalu untuk menghargai waktu orang tersebut, dan jangan berharap mereka dapat membuat proses ini mudah dan dapat diakses oleh Anda hanya dalam satu percakapan.

Tidak seperti jalur karier lain yang lebih kaku, cara seorang pekerja lepas membangun kariernya unik bagi mereka, dan tidak akan ada cetak biru pasti yang harus Anda ikuti.

Mulai dari yang Kecil

Baca Juga: Perkumpulan Penulis Satupena Hadirkan Pegiat HAM Usman Hamid, Membahas Demokrasi di Indonesia

Ada beberapa perdebatan di kalangan pekerja lepas tentang bagaimana menangani klien yang membayar di bawah harga pasar.

Biasanya merupakan praktik yang baik untuk tidak mengambil pekerjaan semacam ini, terutama agar para penulis, sebagai sebuah kelompok, dapat menekan pasar untuk membayar harga yang sesuai. Namun ketika Anda baru memulai, pilihan pekerjaan Anda mungkin terbatas.

Luangkan waktu dalam kelompok penulis lepas online dan lihat apa yang orang lain katakan tentang masalah ini. Kembangkan opini Anda sendiri sehingga Anda bisa merasa nyaman dengan cara Anda mendekati beberapa pekerjaan kecil pertama yang Anda harap akan menghasilkan pekerjaan yang lebih baik.

Baca Juga: Denny JA Gagas Buku tentang Pilpres 2024 di Mata Penulis SATUPENA

Mungkin Anda boleh saja mengambil tarif yang lebih rendah dari usaha kecil yang benar-benar tidak dapat menawarkan lebih banyak. Atau mungkin Anda memberi batasan waktu berapa lama Anda akan bekerja di agen bergaji rendah sehingga Anda bisa mendapatkan pengalaman dan beralih ke bidang yang lebih hijau dan bergaji lebih tinggi.

Bagaimana pun pendekatan Anda terhadap masalah etika pekerjaan bergaji rendah, ketahuilah bahwa Anda akan memulai dengan pekerjaan yang lebih kecil sebelum Anda mendapat panggilan untuk menulis memoar selebriti tersebut untuk orang lain. Dan itu hal yang bagus!

Meskipun Anda sudah lama menjadi penulis profesional, pekerjaan lepas bekerja secara berbeda. Anda sebaiknya menguji air terlebih dahulu dengan berbagai jenis konten dan klien sehingga Anda dapat mengambil langkah selanjutnya.

Baca Juga: Perkumpulan Penulis Indonesia SATUPENA yang Dipimpin Denny JA Bangun Ruang Baca untuk Anak

Semua terserah padamu

Dibandingkan dengan jalur karier yang lebih tradisional, di mana Anda memulai dengan jenis peran tertentu atau terus bekerja di satu perusahaan tertentu, beralih ke pekerjaan lepas bisa terasa sangat berat.

Namun pekerjaan freelance bukanlah hal baru. Jika Anda mengambil langkah demi langkah, Anda akan segera menemukan jalan menuju pekerjaan menulis bergaji tinggi di mana Anda menghasilkan jam kerja sendiri dan menjadi bos bagi diri Anda sendiri.

Baca Juga: Puluhan Buku Karya Anggota Satupena Sumatra Barat dan Penulis Luar Negeri Bakal Diluncurkan di IMLF-2, Mei 2024

*Chelsea Ennen adalah seorang penulis yang tinggal di Brooklyn bersama suami dan anjingnya. Saat tidak menulis atau membaca, ia adalah seniman serat dan tekstil yang menjahit, merajut, merenda, menenun, dan memintal. ***

Sumber: Kirkus Review

Berita Terkait