DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Piala Asia U23: Cengkeram Korea Selatan, Garuda Muda Terbang ke Semifinal

image
Foto arsip - Marselino Ferdinan (tengah) usai mencetak gol ke gawang Yordania di Stadion Abdullah Bin Khalifa di Doha pada Minggu 21 April 2024. (ANTARA/AFP/Karim Jaafar/pri)

ORBITINDONESIA.COM - Tim nasional (Timnas) Indonesia melaju ke semifinal setelah menyingkirkan Korea Selatan diperempat final Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat 26 April 2024 dini hari WIB.

Indonesia menyingkirkan Kprea Selatan setelah menang 11-10 lewat adu tendangan penalti.

Adu tendangan penalti dilalui setelah Indonesia melawan Korea Selatan bermain imbang 2-2 selama 120 menit bertanding.

Baca Juga: Piala Asia U23: Fuki Yamada Bawa Jepang Juara

Jalannya pertandingan

Pertandingan yang dimainkan di Stadion Abdullah bin Khalifa, gawang Indonesia sempat kemasukan pada menit kedelapan, tetapi setelah tinjauan VAR gol itu tidak disahkan wasit karena pemain Korea Selatan sudah offside.

Indonesia memecah kebuntuan menit ke-15. Rafael Struick melepaskan sepakan cantik dari luar kotak penalti yang bersarang ke sudut gawang Korsel tanpa bisa dihadang kiper Baek Jong Bum.

Baca Juga: Piala Asia U23: Peringkat Ketiga Direbut Irak, Indonesia Melawan Guinea untuk Cari Tiket ke Olimpiade 2024 Paris

Keunggulan satu gol membuat Indonesia semakin percaya diri. Marselino membuat peluang bagus setelah bekerja sama dengan Wita Sulaeman, namun sepakannya melambung di atas mistar gawang Korsel.

Korea Selatan kemudian menyamakan kedudukan pada menit ke-45 ketika sundulan pemainnya mengenai Komang Teguh untuk masuk gawang Ernando Ari.

Struick memulihkan keunggulan Indonesia menjelang babak pertama usai ketika menerima umpan panjang dari Ivar Jenner.

Baca Juga: Piala Asia U23: Disiarkan Langsung RCTI Kamis Malam, Indonesia Melawan Irak

Dia mengontrol bola dan mengecoh bek lawan untuk kemudian menaklukkan kiper Baek dengan sepakan kaki kirinya.

Babak pertama pun ditutup dengan skor 2-1 untuk Indonesia.

Awal babak kedua, Indonesia memiliki tiga peluang bagus. Namun dua tembakan Struick dan satu tembakan Pratama Arhan belum menemui sasaran.

Baca Juga: Piala Asia U23: Indonesia Melawan Irak Berebut Peringkat Ketiga, Jepang dan Uzbekistan Bertanding di Final

Marselino kemudian mendapat peluang bagus ketika menggiring bola di sisi kiri, sebelum melepaskan tembakan yang hanya mengenai jaring samping gawang Korsel. 

Tidak lama kemudian, pelatih Shin Tae Yong mengganti pemain pertama dengan menarik Rio Fahmi dan memasukkan Fajar Fathurrahman.

Menit ke-68, Lee Young Jun membuat pelanggaran keras terhadap Hubner. 

Baca Juga: Piala Asia U23: Indonesia Melawan Irak Berebut Peringkat Ketiga, Jepang dan Uzbekistan Bertanding di Final

Wasit kemudian melakukan tinjauan VAR, dan dari tinjauan itu memberikan kartu merah kepada Young Jun. Korea Selatan pun bermain dengan sepuluh pemain.

Bermain dengan sepuluh pemain,  Korea Selatan justru menyamakan kedudukan menjadi 2-2. 

Dari satu serangan balik, bola diterima dengan baik oleh pemain pengganti Jeong Sang Bin, yang kemudian menendang bola masuk ke gawang Indonesia.

Baca Juga: Piala Asia U23: Singkirkan Vietnam, Irak Melawan Jepang di Semifinal

Menjelang waktu normal usai, wasit memberikan tambahan waktu selama sepuluh menit.

Korea Selatan beberapa kali menekan, tetapi kehilangan pelatih Hwang Sun Hong yang diusir dari area teknis oleh wasit. Waktu normal pun berakhir dengan skor imbang 2-2.

Dalam 2x15 menit babak tambahan , pelatih Shin Tea Yong memasukkan Jeam Kelly Sroyer dan Arkhan Fikri untuk menggantikan Ivar Jenner dan Fajar Fathurrahman.

Baca Juga: Piala Asia U23: Singkirkan Saudi Arabia, Uzbekistan Melawan Indonesia di Semifinal

Indonesia sempat mendapat peluang bagus ketika tembakan Witan melayang di atas gawang Korea Selatan.

Pergantian pemain kembali dilakukan Indonesia, dengan menarik keluar Witan dan memasukkan Ramadan Sananta.

Indonesia membuat beberapa peluang bagus lain, tetapi baik tembakan Sroyer, Nathan, maupun dua kali sundulan Sananta gagal mengenai sasaran. Pertandingan pun harus dilanjutkan dengan adu tenangan penalti.

Baca Juga: Kiprah Shin Tae Yong dan Pratama Arhan di Piala Asia U23 Mengingatkan Publik pada Ahn Jung Hwan yang Dibenci Publik Italia

Dalam adu tendangan penalti, algojo kedua tim tampil cukup prima. Lima eksekutor pertama Korea Selatan yakni Kim Min Woo, Lee Kang Hee, Hwang Jae Won, Pauk Sang Hoon, dan Byeon Jun Soo memasukkan gol.

Situasi serupa juga terjadi di kubu Indonesia, di mana lima penendangnya: Ramadhan Sananta, Pratama Arhan, Rafael Struick, Marselino Ferdinan, dan Justin Hubner juga memasukkan gol.

Sepakan Hubner sebenarnya sempat digagalkan kiper Baek, tetapi tendangan itu harus diulang karena sang kiper bergerak lebih awal.

Baca Juga: Piala Asia U23: Inilah Bukti Statistik Indonesia Layak Menang Melawan Korea Selatan

Sewaktu tendangan penalti Hubner diulang, ia tak lagi tak membuat kesalahan untuk membuat skor menjadi 5-5.

Indonesia sempat berada di atas angin sewaktu tenangan Kang Sang Yong gagal. Namun sayang, algojo keenam Indonesia Arkhan Fikri juga gagal memasukkan gol ketika tendangannya melebar jauh dari gawang.

Setelah itu semua eksekutor juga kembali berhasil menjalankan tugasnya, bahkan kedua kiper, Baek dari  Korea Selatan dan Ernando Ari dari Indonesia, juga membobol gawang lawan mereka untuk mengubah skor menjadi 9-9.

Baca Juga: Piala Asia U23: Singkirkan Qatar, Jepang ke Semifinal

Ernando kemudian menjadi pahlawan Indonesia sewaktu menggagalkan tendangan Lee Kang Hee, sebelum Pratama Arhan memastikan langkah Indonesia ke semifinal ketika tendangannya menembus gawang Korea Selatan.

Susunan pemain

Indonesia: Ernando Ari, Ilham Rio Fahmi, Rizky Ridho, Justin Hubner, Komang Teguh, Pratama Arhan, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-on, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rafael Struick

Baca Juga: Piala Asia U23: Cengkeram Korea Selatan, Garuda Muda Terbang ke Semifinal

Pelatih: Shin Tae Yong

Korea Selatan: Baek Jong Bum, Byun Jun Soo, Cho Hyun Taek, Hwang Jae Won, Hong Si Hoo, Lee Kang Hee, Paik Sang Hoon, Eom Ji Sung, Kang Seong Jjin, Lee Tae Seok, Kim Dong-jin

Pelatih: Hwang Sun Hong ***

Sumber: Antara

Berita Terkait