DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Terusirnya Warga Ahmadiyah dari Tanahnya Sendiri di NTB dalam Puisi Esai Denny JA

image
Puisi Esai Denny JA tentang Terusirnya Penganut Ahmadiyah yang Terusir dari Tanah Mereka di NTB.

Oleh Zuhairi Misrawi *

ORBITINDONESIA - Denny JA dalam puisi esainya yang sangat apik mampu menjelaskan secara gamblang derita dan nestapa kaum Ahmadiyah di Nusa Tenggara Barat (NTB), 2006-2022.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Setelah reformasi, Indonesia masih menyisakan agenda besar untuk memastikan hak asasi manusia benar-benar ditegakkan. Hal tersebut menjadi amanat konstitusi, yang sejatinya perlu mendapat perhatian serius, bahkan harus diprioritaskan.

Denny JA dalam buku puisi esai, Jeritan Setelah Kebebasan, menjelaskan secara gamblang tantangan, masalah, dan agenda genting yang harus direspons secara konstitusional pula agar Indonesia menjadi taman sari toleransi dan perdamaian, sebagaimana tertera dalam slogan Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga: Konflik Suku Dayak dan Madura di Sampit 2001 dalam Puisi Esai Denny JA

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Nenek moyang kita sudah mengingatkan, pada hakikatnya negeri ini mempunyai kekhasan dari aspek kebinekaan, baik dalam aspek agama, ideologi politik, suku, maupun bahasa. Kebinekaan menjadi kekuatan untuk membangun bangsa.

Sebab itu, konstitusi kita memberikan arah dan tujuan yang sangat jelas dalam berbangsa dan bernegara agar kita semua menjadikan hak asasi manusia sebagai pedoman dalam merawat kebinekaan.

Masalah besar yang harus dipecahkan adalah hak-hak kaum minoritas, kaum lemah, dan kaum terpinggirkan. Salah satu yang mendesak untuk mendapat perhatian adalah perihal hak konstitusional warga Ahmadiyah.

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Diskriminasi dan persekusi yang dihadapi warga Ahmadiyah menjadi masalah serius, yang harus dipecahkan sesuai dan secara konstitusional.

Baca Juga: Kisah Korban Perkosaan Tragedi Mei di Jakarta 1998 dalam Puisi Esai Denny JA, LUKA YANG TERUS MENGANGA

Saya mendampingi Ahmadiyah sejak tahun 2006 hingga sekarang ini. Selama kurang lebih 16 tahun bersama dengan Ahmadiyah, saya menjadi saksi mata perihal diskriminasi dan persekusi yang menimpa mereka.

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Tidak hanya itu, saya juga mendampingi Ahmadiyah untuk membangun kesadaran konstitusional, bahwa Bhinneka Tunggal Ika dan hak asasi manusia harus diperjuangkan agar ditegakkan oleh para pemangku jabatan dan kepentingan di negeri itu.

Selain itu, kita perlu membangun aliansi bersama dengan berbagai elemen bangsa untuk memperjuangkan, menegakkan, dan membumikan konstitusi. Intinya, diskriminasi dan persekusi terhadap Ahmadiyah merupakan pelanggaran hukum, kejahatan, dan haram terjadi di negeri yang menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika dan hak asasi manusia.

Denny JA dalam puisi-puisi esainya yang sangat apik dan menyentuh ini, mampu menggambarkan dan mengisahkan secara gamblang perihal nestapa dan derita Ahmadiyah sejak tahun 2006-2022.

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

Baca Juga: Konflik Primordial Berdarah di Maluku 1999 Sampai 2002 dalam Puisi Esai Denny JA

Semua puisi yang esai yang ditulisnya, Rama Menjemput Kematian, Mahama Tak Minta Suaka ke Australia, Kami Ikhlas Dikubur Hidup-Hidup, Sambut Derita Bagai Tamu Agung, Sihir di Tatapan Mata Ibu Tua Itu, dapat menggambarkan kondisi objektif Ahmadiyah dalam 16 tahun terakhir.

Tidak menutup kemungkinan, derita tersebut masih akan terus membayang-bayangi mereka hingga tahun-tahun yang akan datang.

Baca Juga: Dugaan Operasi Tangkap Tangan Gubernur Abdul Gani Kasuba, KPK Gelandang 3 Pejabat Maluku Utara ke Jakarta

Denny JA memilih Transito, tempat penampungan warga Ahmadiyah korban kekerasan, dikriminasi, dan persekusi di kota Mataram, sebagai saksi bisu penderitaan mereka dalam 16 tahun terakhir itu.

Menurut saya, pilihan pada Transito sangat tepat, karena tempat ini menjadi dalil sahih dari semua jeritan yang dirasakan warga Ahmadiyah.

Baca Juga: Denny JA: Ayo Tuliskan Kesaksianmu, PUBLIKASI atau DILUPAKAN

Baca Juga: BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Turun di Beberapa Kota

Saya beberapa kali berkunjung ke Transito, menyapa dan bercengkrama dengan mereka.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di Transito, saya hanya bergumam, “Andai derita ini menimpa saya, maka saya tidak akan bisa setegar warga Ahmadiyah. Mereka benar-benar sabar menerima takdir. Mereka dipersekusi dan diusir dari tempat tinggal, dan mereka sabar menghadapi cobaan.”

Sebagai rasa simpati dan empati saya pada warga Ahmadiyah, untuk salat Jumat, saya memilih untuk salat bersama mereka di Masjid Transito daripada salat Jumat di Masjid Raya Hubbul Wathan, Islamic Center Mataram yang sangat megah itu.

Baca Juga: Peringati Hari Bela Negara, Ibnu Chuldun: Bersatu dan Berkontribusi untuk Indonesia Maju

Hati saya memberontak. Selama warga Ahmadiyah masih tinggal di Transito, saya akan memilih salat bersama mereka. Keberpihakan dan kepedulian saya pada warga Ahmadiyah sangat nyata.

Baca Juga: Denny JA: Budaya Betawi Perlu Diterjemahkan ke Pola Pikir Zaman Kini Jika Mau Bertahan

Derita bertahun-tahun warga Ahmadiyah di Transito diuraikan secara gamblang oleh Denny JA dalam puisinya, Kami Ikhlas Dikubur Hidup-Hidup.

Baca Juga: Permohonan Layanan Melonjak, Sandi Andaryadi: Imigrasi DKI Jakarta Harus Bekerja Prima

Apa yang dituturkan Majdi, seorang wartawan yang meliput kondisi warga Ahmadiyah di Transito betul-betul menyentak hati kita. Ia melihat dan merasakan penderitaan yang sangat luar biasa, karena selama 16 tahun mereka ditelantarkan tanpa perlakuan manusiawi.

Berikut rintihan warga Ahmadiyah itu:

“Jika kami dianggap menodai agama, jebloskanlah kami ke dalam penjara. Kami seluruh warga Ahmadi, pengungsi laki-laki, perempuan, tua, muda maupun anak- anak, lahir dan batin, ikhlas dipenjara.”

Baca Juga: Denny JA: Puisi Esai Waktunya Masuk Kampus dan Sekolah

Baca Juga: 25 Kisah Konflik Primordial di Lima Wilayah dalam Buku Puisi Esai Denny JA

“Jika sama sekali tidak ada tempat bagi kami di ruang penjara, maka galikanlah bagi kami, Bapak Wali Kota, kuburan.

Kami seluruh warga Ahmadi pengungsi, laki-laki, perempuan, tua, muda, maupun anak-anak, siap, dan ikhlas dikubur hidup-hidup.”

Baca Juga: Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun Resmikan Laboratorium Peradilan Pidana Universitas Yarsi

Ya, itulah kira-kira suara getir, sedih, dan pilu warga Ahmadiyah. Mereka diusir dan ditelantarkan di negerinya sendiri hanya karena perbedaan paham keagamaan.

Padahal mereka juga membaca syahadat, salat, puasa, membayar zakat, dan menunaikan haji, sebagaimana warga muslim lainnya.

Baca Juga: Puisi Esai Denny JA: Gerakan Reformasi dan Nyawa Nyawa yang Melayang

Baca Juga: Pembunuh Petugas Imigrasi Tri Fattah Firdaus Jadi Tersangka, Sandi Andaryadi: Kami Apresiasi Polda Metro Jaya

Meskipun demikian, warga Ahmadiyah memilih melawan kekerasan, pengusiran, diskriminasi, dan persekusi dengan cinta. Mereka mempunyai pedoman hidup, Love for All, Hatred for None. Lawanlah kebencian dengan cinta.

Mereka menerima secara tulus dan sabar tinggal di Transito. 16 tahun lamanya.

Maka dari itu, menurut saya, Transito menjadi semacam monumen Love for All, Hatred for None yang benar-benar nyata bagi warga Ahmadiyah.

Baca Juga: Warga Negara Asing Asal Korea Selatan Jadi Tersangka Pembunuhan Petugas Imigrasi Tri Fattah Firdaus

Melawan kekerasan dengan cinta. Kesabaran, ketulusan, dan cinta tak bertepi yang dicontohkan warga Ahmadiyah telah membuka kesadaran publik yang lebih luas, termasuk kisah Majdi dalam puisi esai Denny JA, yang mungkin dulu antipati terhadap Ahmadiyah. Tapi setelah melihat langsung terhadap anak-anak Ahmadiyah, ia berubah seratus persen, terbuka hatinya untuk membelikan mereka Kentucky Fried Chicken.

Baca Juga: Denny JA: Dunia Islam Perlu Tafsir yang Pro Keadilan Bagi Perempuan

Saya kira, Denny JA dengan menulis puisi-puisi esai tentang kasus kekerasan, diskriminasi, persekusi, dan pengusiran Ahmadiyah di Transito dan beberapa daerah lainnya, ia laksana Majdi yang membuka kesadaran kolektif kita semua warga bangsa, lebih-lebih manusia, agar kita menebarkan cinta pada sesama, dan mengubur kebencian.

Baca Juga: Di Gedung Long See Tong Kota Padang, Mahfud MD Janji Perjuangkan Hak Adat

Love for All, hatred for none. ***

*Zuhairi Misrawi. Putra Madura, lahir di Sumenep, 5 Februari 1977. Ia dikenal sebagai Cendekiawan Nahdlatul Ulama. Menulis banyak buku, artikel, dan kolom. Di antaranya, “al-Quran Kitab Toleransi”, “Pandangan Muslim Moderat”, “Mekkah”, “Madinah”, “Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari”, dan lain-lain. Aktif menjadi narasumber di berbagai forum nasional dan internasional. Ia sekarang adalah Duta Besar RI untuk Tunisia.

-000-

Baca Juga: Muhaimin Iskandar Janjikan Tunjangan Ibu Hamil, Guru Mengaji, dan Bebaskan Pajak Bumi Bangunan

- Buku Puisi Esai Denny JA mengenai 25 drama kisah konflik primordial di 5 wilayah dalam bahasa Inggris dapat diklik di sini: SCREAMS FOLLOWING LIBERATION (2022)

https://dennyja.world/wp-content/uploads/2022/12/Denny-JA_Screams-Following-Liberation-1_compressed.pdf

Berita Terkait