DECEMBER 9, 2022
Kolom

Agusto Sulistio: Kenaikan Pangkat Kehormatan Tradisi di Banyak Negara

image
Prabowo Subianto (Foto: Antara)

ORBITINDONESIA.COM - Hari Rabu kemarin, 28 Februari 2024, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah menerima kenaikan pangkat sebagai Jenderal Kehormatan dari Presiden Joko Widodo.

Presiden sampaikan hal adalah bentuk penghargaan atas dedikasi dan kontribusi Prabowo di Bidang Militer dan Pertahanan. 

Pemberian pangkat tersebut merupakan langkah istimewa yang didasarkan pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009. Pemberian jenderal penuh kepada Prabowo didasarkan pada dedikasi dan kontribusi Prabowo selama ini di dunia militer dan pertahanan.

Baca Juga: Tugas Baru Deddy Corbuzier Jadi Inspektur Upacara Pemakaman, Setelah Dapat Pangkat Letnan Kolonel Tituler

Penerima Kenaikan Pangkat Kehormatan.

Penerima kenaikan pangkat kehormatan tidak saja diberikan kepada Prabowo Subianto. Berikut daftar tokoh yang menerima kenaikan pangkat kehormatan sebagai Jenderal.

Sarwo Edhie Wibowo
Mantan Pangdam Cenderawasih itu mendapat kenaikan pangkat kehormatan satu tingkat lebih tinggi dari Presiden Soeharto.

Baca Juga: Dapat Pangkat Letnan Kolonel Tituler, Deddy Corbuzier Tidak Bisa Berbisnis Atau Ikut Politik Praktis

Soesilo Soedarman
Selanjutnya, Presiden Soeharto juga menganugerahkan Jenderal Kehormatan kepada Soesilo ketika dirinya menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan Republik Indonesia pada Kabinet Pembangunan VI.

Sebelum menjabat sebagai Menko Polhukam, Soesilo juga sempat menjabat sebagai Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi dan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat.

Agum Gumelar
Purnawirawan TNI selanjutnya yang juga mendapat gelar Jenderal Kehormatan Bintang Empat merupakan Agum Gumelar. Kenaikan pangkat itu diterima Agum Gumelar dari Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid.

Baca Juga: Yudo Margono Akhirnya Angkat Bicara Terkait Pangkat Letnan Kolonel Tituler Deddy Corbuzier, Boleh Asal...

Gelar Jenderal Kehormatan itu diterima Agum saat menjabat sebagai Menteri Perhubungan pada periode 1999-2001. Agum selanjutnya juga turut menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Sosial, dan Keamanan.

Luhut Binsar Pandjaitan
Selain Agum Gumelar, Presiden Abdurrahman Wahid juga turut memberikan Jenderal Kehormatan kepada Luhut Binsar Pandjaitan yang saat itu menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia periode 2000-2001.

Susilo Bambang Yudhoyono
Gelar Jenderal Kehormatan selanjutnya diberikan oleh Presiden kelima Megawati Soekarnoputri. Salah satu purnawirawan yang menerimanya ialah Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY.

Baca Juga: PROFIL LENGKAP Kakek Mario Dandy Mantan Pangdam di Pulau Jawa, Pangkat dan Tugasnya

Kenaikan pangkat itu diterima SBY ketika dirinya menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan semasa pemerintahan Megawati.

Hari Sabarno
Tak hanya SBY, kenaikan pangkat sebagai Jenderal Kehormatan juga diberikan Presiden Megawati kepada Hari Sabarno yang sempat dipercayai sebagai Menteri Dalam Negeri.

AM Hendropriyono
Terakhir, pemberian gelar Jenderal Kehormatan juga turut diberikan Presiden Megawati kepada Abdullah Mahmud Hendropriyono atau biasa disapa A.M. Hendropriyono.

Baca Juga: Prabowo Subianto Dijadwalkan Terima Kenaikan Pangkat Istimewa dari Presiden Jokowi: Jadi Jenderal

Peningkatan pangkat setingkat lebih tinggi diterima oleh A.M. Hendropriyono ketika diminta menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara pada periode 2001-2004.

Kenaikan Pangkat Kehormatan di Amerika.

Pemberian kenaikan pangkat ini merupakan praktik yang tidak hanya terjadi di Indonesia. Beberapa tokoh militer dan pribadi-pribadi berprestasi di seluruh dunia pernah menerima penghormatan serupa.

Baca Juga: Prabowo Subianto Resmi Sandang Pangkat Jenderal, Presiden Jokowi: Berbakti kepada Bangsa dan Negara

Sebagai contoh, Amerika Serikat memiliki tradisi "Jenderal Kehormatan" (Honorary General) yang diberikan kepada individu dengan kontribusi signifikan dalam mendukung militer atau mempromosikan nilai-nilai patriotisme.

Contoh tokoh yang pernah mendapat kenaikan pangkat kehormatan di Amerika Serikat antara lain:

George Washington
Sebagai Jenderal Besar Tentara Kontinental Amerika dan Founding Father, Washington secara anumerta diberikan gelar Jenderal Kehormatan sebagai bentuk penghargaan atas perannya dalam sejarah.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Kenaikan Pangkat Istimewa kepada Prabowo Subianto Atas Usul Panglima TNI

Colin Powell
Mantan Menteri Luar Negeri dan Jenderal Angkatan Darat, Powell menerima gelar Jenderal Kehormatan sebagai pengakuan atas pelayanan dan kepemimpinannya.

Bob Hope
Pelawak dan entertainer terkenal, Bob Hope dianugerahi gelar Jenderal Kehormatan karena kontribusinya dalam mendukung pasukan AS selama Perang Dunia II dan konflik militer lainnya.

John Glenn
Astronot dan senator, John Glenn diberikan gelar Jenderal Kehormatan sebagai penghormatan atas eksplorasi luar angkasa dan kontribusinya terhadap pertahanan nasional.

Baca Juga: Berpangkat Jenderal, Prabowo Subianto: Kayaknya Berat

Pemberian gelar ini tidak hanya terbatas pada tokoh militer, melainkan juga mencakup individu-individu yang telah memberikan kontribusi luar biasa di berbagai bidang, mendukung nilai-nilai bangsa dan negara.

(Oleh: Agusto Sulistio - Pegiat Sosmed) ***

Sumber: Medsos WhatsApp@merdeka

Berita Terkait